• slidebg1
tujuan cengkir

Candi Prambanan

Candi Prambanan dikenal sebagai yang tertinggi dan Kuil Hindu paling indah di dunia. Kerajaan Mataram, yang pertama kali muncul di 732 AD adalah kerajaan terbesar di Jawa kuno. Pada saat itu, Kerajaan Mataram diperintah oleh Sanjaya, seorang bangsawan Hindu yang memiliki wewenang atas daerah yang subur antara sungai Opak dan Progo . Dalam 750 AD, Budha Syailendra Dinasti Sanjaya diusir, bersama dengan keluarganya. Mereka sendiri diasingkan di daerah dataran tinggi di luar perbatasan Mataram Kingdom ini.

Satu abad kemudian, Rakai Pikatan, keturunan Raja Sanjaya, menikah dengan Keluarga klan Syailendara, dan dengan demikian diadakan kendali kerajaan kekuasaan. Selama masa pemerintahannya, pengaruh Hindu dilahirkan kembali dan banyak kuil dibangun, termasuk pembangunan kompleks Candi Prambanan .

Rakai Pikatan mulai membangun kompleks candi di 856 AD dalam rangka memperingati Dinasti Sanjaya kembali berkuasa. Satu abad kemudian, bagaimanapun, Kerajaan Mataram bersama dengan orang yang pindah ke Jawa Timur, dan Prambanan ditinggalkan diabaikan. Kemudian, kuil runtuh selama gempa menakutkan pada abad keenam belas. Pada tahun 1930, pemugaran Candi dimulai dan masih terus dilakukan hari ini.

Pohon tiga candi dengan alasan utama mendominasi kompleks. Namun, candi yang paling mengesankan adalah bangunan besar di tengah-tengah kompleks yang naik hingga 47 meter: Roro Jonggrang Temple. Para ahli mengatakan bahwa Roro Jonggrang Temple didedikasikan untuk Siwa sementara dua candi yang lebih kecil di utara dan selatan Roro Jonggrang berdedikasi untuk Wisnu dan Brahma.