• slidebg1
tujuan cengkir

Candi Borobudur

Borobudur kudus adalah salah satu permata dari warisan budaya dunia. Situs warisan budaya dunia yang megah, candi Budha terbesar di dunia. Sebuah taman arkeologi nasional. Sebuah monumen Buddha Mahayana luas dalam bentuk mandala berbentuk piramida. Itu dibangun di jantung Jawa sekitar 800 Masehi oleh Dinasti Syailendra dan yang ditinggalkan tak lama setelah selesai. Ini meliputi area seluas hampir satu setengah hektar, dengan kubah sentral hampir 35 meter di atas dasar.

Itu dibangun dalam tiga tingkatan: dasar piramida dengan lima teras konsentris persegi, tiga platform melingkar dari 72 stupa kerawang dan, di atas, sebuah stupa monumental. Dinding dan langkan yang dihiasi dengan 1.400 relief dan 432 patung Buddha.

Bentuk Borobudur memiliki penuh ornamen filosofis yang melambangkan kesatuan dalam keragaman jalur untuk mencapai tujuan akhir dari kehidupan. Dengan semua sejarah panjang dan alam sekitarnya, Borobudur dapat disangkal master piece budaya.

Borobudur adalah monumen seperti yang lain. Ini berisi dari serangkaian teras konsentris penurunan ukuran yang naik seperti langkah ke puncak pusat. Ia tidak memiliki atap, tidak ada lemari besi, tidak ada ruang, batu yang diletakkan tanpa mortar. Ini kesederhanaan dasar bentuk diimbangi oleh dekorasi kaya luar biasa dan kompleks. Paling mencolok o semua, mungkin, relief indah, dalam semua beberapa 1.400 diukir panel batu yang meliputi luas sekitar 1.900 meter persegi, dengan yang lain 600 meter persegi lingkungan peduli dekoratif.